IKIP BIOLOGI

Select Menu
  • Home
  • Blogging
    • Tutorial Blogspot
    • CSS
    • jQuery
    • Widget
  • Tools
    • Font Awesome
    • HTML Editor
    • HTML Encrypter
    • Code Color
    • Responsive Cek
  • Sitemap
  • Static Page
  • Error Page
Home » Uncategories » PENGERTIAN KEBENARAN

Kamis, 02 Oktober 2014

PENGERTIAN KEBENARAN

Unknown
Add Comment
Kamis, 02 Oktober 2014


BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Kebenaran
Kata Kebenaran dapat digunakan sebagai suatu kata benda yang kongrit maupun abstrak. Jika subyek hendak menuturkan kebenaran artinya proposisi yang benar. Proposisi maksudnya adalah makna yang dikandung dalam suatu pernyataan atau stitmen. Apabila subjek mengatakan kebenaran bahwa proposisi yang diuji itu pasti memiliki kualitas sifat atau karakteristik, hubungan hal yang demikian itu sarana kebenaran tidak dapat begitu saja terlepas dari kualitas, sifat, hubungan, dan nilai itu sendiri.
Menurut Plato Kebenaran sebagai suatu ketakter tersembunyian adanya itu tidak dapat dicapai manusia selama hidupnya di dunia ini. Pengertian kebenaran seperti ini sama dengan pendapat Thomas Aquinas sebagai kebenaran ontoiogis. Aritoteles dapat memahami kebenaran lebih memusatkan perhatiannya pada kualitas pernyataan yang dibuat oleh subjek penahu ketika ia menegaskan suatu putusan entah secara afirmatif atau negatif itu tergantung pada apakah putusan yang bersangkutan sebagai pengetahuan dalam diri subjek penahu itu sesuai atau tidak dengan kenyataannya. Di sini kebenaran dimengerti sebagai persesuaian antara subjek sipenahu dengan objek yang diketahui.
Pengertian kebenaran dapat dibedakan antara kebenaran faktual dan  kebenaran nalar. Kebenaran faktual adalah kebenaran tentang ada tidaknya secara faktual didunia nyata, sebagaimana di alam manusia ( biasanya dengan dapat – tidaknya dia nanti secara indrawi apa yang dinyatakannya_ Misalnya apakah pernyataan bumi itu bulat, merupakan suatu pernyataan yang memiliki kebenaran. Kebenaran faktual adalah kebenaran yang menambah khazanah pengetahuan tentang alam semesta. Sejauh dapat kita alami secara indrawi. Kebenaran nalar adalah kebenaran yang bersifat tautologis dan tidak menambah pengetahuan baru mengenai dunia ini, tetapi dapat merupakan sarana berdaya guna untuk memperoleh pengetahuan yang berarti tentang dunia ini. Dengan kata lain dapat membantu untuk memperoleh pengetahuan yang memiliki kebenaran faktual. Kebenaran nalar adalah kebenaran yang terdapat dalam logika dan matematika kebenaran di sini bedasarkan atas suatu penyimpulan terdeteksi sehingga berbeda dengan kebenaran faktual yang bersifat nisbi dan mentak, kebenaran, ‘nalar bersifat mutlak.
2.2   Pengertian Kebenaran dan Tingkatannya
Berdasarkan scope potensi subjek, maka susunan tingkatan kebenaran itu menjadi empat tingkatan diantaranya :
1.       Tingkatan kebenaran indera adalah tingakatan yang paling sederhanan dan pertama yang dialami manusia
2. Tingkatan ilmiah, pengalaman-pengalaman yang didasarkan disamping melalui indara, diolah pula dengan rasio
3. Tingkat filosofis,rasio dan pikir murni, renungan yang mendalam mengolah kebenaran itu semakin tinggi nilainya
4. Tingkatan religius, kebenaran mutlak yang bersumber dari Tuhan yang Maha Esa dan dihayati oleh kepribadian dengan integritas dengan iman dan kepercayaan
Manusia selalu mencari kebenaran, jika manusia mengerti dan memahami kebenaran, sifat asasinya terdorong pula untuk melaksankan kebenaran itu. Sebaliknya pengetahuan dan pemahaman tentang kebenran, tanpa melaksankan konflik kebenaran, manusia akan mengalami pertentangan batin, konflik spilogis. Karena di dalam kehidupan manusia sesuatu yang dilakukan harus diiringi akan kebenaran dalam jalan hidup yang dijalaninya dan manusia juga tidak akan bosan untuk mencari kenyataan dalam hidupnya yang dimana selalu ditunjukkan oleh kebanaran.
Jenis-jenis Kebenaran :
1. Kebenaran Epistemologi (berkaitan dengan pengetahuan)
2. Kebenaran ontologis (berkaitan dengan sesuatu yang ada/ diadakan)
3. Kebenaran semantis (berkaitan dengan bahasa dan tutur kata)
Manusia selalu mencari kebenaran, jika manusia mengerti dan memahami kebenaran, sifat asasinya terdorong pula untuk melaksankan kebenaran itu. Sebaliknya pengetahuan dan pemahaman tentang kebenran, tanpa melaksankan konflik kebenaran, manusia akan mengalami pertentangan batin, konflik spilogis. Karena di dalam kehidupan manusia sesuatu yang dilakukan harus diiringi akan kebenaran dalam jalan hidup yang dijalaninya dan manusia juga tidak akan bosan untuk mencari kenyataan dalam hidupnya yang dimana selalu ditunjukkan oleh kebanaran.        Kebenaran agama yang ditangkap dengan seluruh kepribadian, terutama oleh budi nurani merupakan puncak kesadaran manusia. Hal ini bukan saja karena sumber kebnarna itu bersal dari Tuhan Yang Maha Esa supernatural melainkan juga karena yang menerima kebenaran ini adalah satu subyek dengna integritas kepribadian. Nilai kebenaran
 agama menduduki status tertinggi karena wujud kebenaran ini ditangkap oleh integritas kepribadian. Seluruh tingkat pengalaman, yakni pengalaman ilmiah, dan pengalaman filosofis terhimpun pada puncak kesadaran religius yang dimana di dalam kebenaran ini mengandung tujuan hidup manusia dan sangat berarti untuk dijalankan oleh manusia.

2.3  Penemuan Kebenaran 

Cara untuk menemukan kebenaran berbeda-beda. Dari berbagai cara untuk menemukan kebenaran dapat dilihat cara yang ilmiah dan nonilmiah. Cara-cara untuk menemukan kebenaran sebagaimana diuraikan oleh Hartono Kasamadi, dkk, (1990) sebagai berikut:

a.       Penemuan Secara Kebetulan
Penemuan kebenaran secara kebetulan adalah penemuan yang berlangsung tanpa disengaja. Dalam sejarah manusia, penemuan secara kebetulan itu banyak juga yang berguna walaupun terjadinya tidak dengan cara yang ilmiah, tidak disengaja dan tanpa rencana. Cara ini tidak dapat diterima dalam metode keilmuan untuk menggali pengetahuan atau ilmu.

b.      Penemuan “Coba dan Ralat” (Trial Dan Error)
Penemuan coba dan ralat terjadi tanpa adanya kepastian akan berhasil atau tidak berhasil kebenaran yang dicari. Memang ada aktifitas mencari kebenaran, tetapi aktifitas itu mengandung unsure spekulatif  atau “untung-untungan”. Penemuan dengan cara ini kerap kali memerlukan waktu yang lama, karena memang tanpa rencana, tidak terarah, dan tidak diketahui tujuanya. Cara coba dan ralat inipun tidak dapat diterima sebagai cara ilmiah dalam usaha untuk mengungkapkan kebenaran.

c.       Penemuan melalui Otoritas atau Kewibawaan
Pendapat orang-orang yang memiliki kewibawaan, misalnya orang-orang yang mempunyai kedudukan dan kekuasaan sering diterima sebagai kebenaran meskipun pendapat itu tidak didasarkan kepada pembuktian ilmiah. Pendapat itu tidak berarti tidak ada gunanya. Pendapat itu tetap berguna, terutama dalam merangsang usaha penemuan baru bagi orang-orang yang menyangsikanya. Namun demikian adakalanya pendapat itu ternyata tidak dapat dibuktikan kebenaranya. Dengan demikian pendapat pemegang otoritas itu bukanlah pendapat yang berasal dari penelitian, melainkan hanya berdasarkan pemikiran.

d.      Penemuan secara spekulatif
Cara ini mirip dengan cara coba dan ralat. Akan tetapi, perbedaanya dengan coba dan ralat memang ada. Seseorang yang menghadapi suatu masalah yang harus dipecahkan pada penemuan secara spekulatif, mungkin sekali ia membuat sejumlah alternative pemecahan. Kemudian ia mungkin memilih satu instrumen  pemecahan, sekalipun ia tidak yakin mengenai pemecahanya.

e.       Penemuan Kebenaran Lewat Cara Berpikir kritis dan Rasional
Telah banyak kebenaran yang dicapai oleh manusia sebagai hasil upayanya menggunakan kemampuan berpikirnya. Dalam menghadapi masalah, manusia berusaha menganalisisnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki untuk sampai pada pemecahan yang tepat. Cara berpikir yang ditempuh pada tingkat permulaan dalam memecahkan masalah adalah dengan cara berpikir analitis dan cara berpikir sintetis.

f.        Penemuan Kebenaran Melalui Penelitian Ilmiah
Cara mencari kebenaran yang dipandang ilmiah ialah yang dilakukan melalui penelitian. Penelitian adalah penyaluran hasrat ingin tahu pada manusia dalam taraf keilmuan. Penyaluran sampai pada taraf setinggi ini disertai oleh keyakinan bahwa ada sebab bagi setiap akibat, dan bahwa setiap gejala yang tampak dapat dicari penjelasanya secara ilmiah. Pada setiap penelitian ilmiah melekat cirri-ciri umum, yaitu pelaksanaanya yang  metodis harus mencapai  suatu kesseluruhan yang logis dan koheren.  Cirri lainya adalah universalis. Setiap penelitian ilmiah harus objektif, artinya terpimpim oleh  objek dan tidak mengalami distorsi karena adanya berbagai prasangka subjektif.

BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
            Bahwa kebenaran itu adalah perwujudan dari pemahaman (comprehension) subjek tentang sesuatu terutama yang bersumber dari sesuatu yang diluar subyek itu realita, perisitwa, nilai-nilai (norma dan hukum) yang bersifat umum. Dan kebenaran dapat dibedakan kebenaran factual dan kebenaran nalar.
Bahwa kebenaran itu ada yang relatif terbatas, ada pula yang umum. Bahkan ada pula yang mutlak, abadi dan universal. Wujud kebenaran itu ada yang berupa penghayatan lahiriah, jasmaniah, indera, ada yang berupa ide-ide yang merupkan pemahaman potensi subjek (mental,r asio, intelektual).


DAFTAR PUSTAKA
Muhammad Noor. 1988. Filsafat Kependidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional
Irvan,Jaya.2011.”teorikebenaran”.tersediapadahttp://van88.wordpress.com/teori-teori-kebenaran-filsafat/(diaksespadatanggal27september2014)
Filsufuni.2012.”kebenaran”tersediapadahttp://filsufsunni.wordpress.com/2012/12/05/kebenaran/(diaksespadatanggal28september2013)


Suka Artikel? Bagikan: Facebook Twitter Google+

0 Comments

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Cari Blog Ini

Postingan Populer

  • Menyublim  Atau Sublimasi
    Menyublim Atau Sublimasi
    Disusun oleh: Nama Anggota Kelompok.  1. I Gusti A.A Putri Wardanyati (12320011)         2.Gusti Putu Agus Arya Sua...
  • SISTEM SIRKULASI VERTEBRATA
    SISTEM SIRKULASI VERTEBRATA
    DOWNLOAD PPT : http://www.mediafire.com/view/0gtlqraxjhu8mf3/Presentation1.pptx 2.1 ASAL USUL SISTEM SIRKULASI Mesoderm adalah la...
  • Pengertian EMBRIO/EMBRIOLOGI
    Pengertian EMBRIO/EMBRIOLOGI
    BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Embrio             embrio merupakan eukariot diploid multisel dalam tahap pertama dalam perkemba...
  • ECHINODERMATA
    ECHINODERMATA
    PEMBAHASAN 2.1   Penjelasan Umum Ciri-ciri Umum Echinodermata Berikut ini karakteristik filum echinodermata secara umum : ·  ...
  • Transpor Pada Tumbuhan
    Transpor Pada Tumbuhan
    PEMBAHASAN TRANSPOR PADA TUMBUHAN 2.1 GAMBARAN UMUM MEKANISME TRANSPOR PADA TUMBUHAN Pada tumbuhan transport terjadi pada tig...
  • PENGERTIAN KEBENARAN
    PENGERTIAN KEBENARAN
    BAB II PEMBAHASAN 2.1   Pengertian Kebenaran Kata Kebenaran dapat digunakan sebagai suatu kata benda yang kongrit maupun abstrak....

Arsip Blog

  • ▼  2014 (6)
    • ▼  Oktober (2)
      • SISTEM SIRKULASI VERTEBRATA
      • PENGERTIAN KEBENARAN
    • ►  September (4)

About Me

Unknown
Lihat profil lengkapku

Labels

  • EMBRIO/EMBRIOLOGI
  • Menyublim Atau Sublimasi Praktikum Lab
  • Pengertian Dan Penjelasan Sistem Transport Pada Tumbuhan
  • Pengertian ECHINODERMATA
  • SISTEM SIRKULASI VERTEBRATA

Labels

  • EMBRIO/EMBRIOLOGI
  • Menyublim Atau Sublimasi Praktikum Lab
  • Pengertian Dan Penjelasan Sistem Transport Pada Tumbuhan
  • Pengertian ECHINODERMATA
  • SISTEM SIRKULASI VERTEBRATA

Labels

  • EMBRIO/EMBRIOLOGI
  • Menyublim Atau Sublimasi Praktikum Lab
  • Pengertian Dan Penjelasan Sistem Transport Pada Tumbuhan
  • Pengertian ECHINODERMATA
  • SISTEM SIRKULASI VERTEBRATA
Copyright 2014 IKIP BIOLOGI - All Rights Reserved
Template By Jenny Psychicfio